Jumat, 13 Februari 2015

Lamaran Pria ini Ditolak Ayah si Wanita Karena Dia Tidak Tahu Waktu Sholat

Bagi sebagian orang Islam, pertunangan ini dianggap sama dengan khitbah, atau lamaran. Khitbah atau lamaran sendiri artinya adalah permintaan dari pihak lelaki kepada wali pihak wanita untuk menikahi si wanita tersebut. Memang perbedaan antara tunangan dan lamaran bagi sementara orang sangat tipis, sebab keduanya adalah sama-sama salah satu tahap pra nikah. Tetapi kalau dicermati ada perbedaan di antara keduanya yang cukup signifikan.

Nasib sial menimpa seorang pria Arab yang lamarannya ditolak ayah si wanita karena dia tidak bisa menjawab kapan waktu sholat subuh.

Dikutip dari Harian Ain Salam, Selasa (10/2/2014), pria yang pergi bersama ayahnya ke rumah gadis di Kota Hail, Arab Saudi, mengatakan kepada ayah sang gadis bahwa ia ingin menikahi putrinya.

“Sang ayah mengaku tidak keberatan, tapi dia harus menjawab satu pertanyaan. Dia mengatakan ke pelamar bahwa jika dia bisa menjawab, maka ia akan membiarkan sang pria menikahi putrinya tanpa mahar atau biaya lainnya, ” kata harian berbahasa Arab itu.

Namun, ketika si ayah wanita ini bertanya kapan waktu sholat subuh kepada si pria, pria ini menjawab dengan terbata-bata dan tidak bisa memberikan jawaban yang benar kepada si ayah wanita ini. Ayah si wanita ini pun langsung berkata:

“jika Anda tidak dapat melihat usai doa-doa Anda, maka Anda tak dapat melihat anak perempuan saya. Saya minta maaf, Anda tidak bisa menikahinya. “

Seperti diketahui, Salat lima waktu merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Allah menurunkan perintah salat lima waktu ini ketika peristiwa Isra’ Mi’raj. Salat lima waktu tersebut adalah sebagai berikut:

1. Subuh, terdiri dari 2 rakaat. Waktu Shubuh diawali dari munculnya fajar shaddiq, yakni cahaya putih yang melintang di ufuk timur. Waktu shubuh berakhir ketika terbitnya matahari.

2. Zuhur, terdiri dari 4 rakaat. Waktu Zhuhur diawali jika matahari telah tergelincir (condong) ke arah barat, dan berakhir ketika masuk waktu Ashar.

3. Asar, terdiri dari 4 rakaat. Waktu Ashar diawali jika panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri. Khusus untuk madzab Imam Hanafi, waktu Ahsar dimulai jika panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda itu sendiri. Waktu Asar berakhir dengan terbenamnya matahari.

4. Magrib, terdiri dari 3 rakaat. Waktu Magrib diawali dengan terbenamnya matahari, dan berakhir dengan masuknya waktu Isya.

5. Isya, terdiri dari 4 rakaat. Waktu Isya diawali dengan hilangnya cahaya merah (syafaq) di langit barat, dan berakhir hingga terbitnya fajar shaddiq keesokan harinya. Menurut Imam Syi’ah, Salat Isya boleh dilakukan setelah mengerjakan Salat Magrib.

Khusus pada hari Jumat, laki-laki muslim wajib melaksanakan salat Jumat di masjid secara berjamaah (bersama-sama) sebagai pengganti Salat Zhuhur. Salat Jumat tidak wajib dilakukan oleh perempuan, atau bagi mereka yang sedang dalam perjalanan (musafir).

Beberapa komentar dari netizen terkait peristiwa ini:

Benua arab emang asal dr agama islam tp jgn anggap smua org arab ngerti dan paham ajaran islam… jgn bangga punya pasangan kturunan arab krn bisa bisa kita yg ga dari negara asal islam malah lebih islam dr mereka..

“Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wustho dan berdirilah untuk Alloh (dalam sholatmu) dengan khusyuk.” (QS. Al-Baqoroh : 238)

seseorang bisa berubah menjadi lebih baik lagi, bukan berarti dia tidak mau belajar lagi,,, bahkan jika dia sungguh2 dia bahkan bisa menjadi pria dan pempimpin keluarga yang bijaksana dan taat pada sang kuasa, sebelum akad, kasi lah dia waktu 1 atau 2 hari dalam berlatih menunaikan kewajiban sholatnya, selagi dia mau bertaubat dan beljar lebih baik lagi..

Ayah wanita tak mau anak gadis nya jth pd org yg salah…. Gimana mau imami anak gadis org.. sholat aja tdk tau.. Islam KTP ni.

Sem0ga laki-laki yg ditolak menjadi menantu itu sadar, bahwa pentingnya ilmu agama and mendapat ilham dari allah swt amin…

Sebelum melamar dan melangsungkan nikah kudunya menjalankan tuntunan agamanya dulu dari wudhu, shalatnya, puasanya, dll jgn2 nanti baca kalimat syahadat jg gk bisa apalagi disuruh baca Al Qur’an kandaslah mau mndapatkan gadis impiannya

1 komentar:

  1. saya lg stress krna saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja saya sering dimutasi, diremehkan orang krna otak dan tenaga saya payah shg saya mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. dulu saya kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang saat nyari cewe dll.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. buka usaha kecil kecilan di rumah bangkrut, jualan barang secara online tdk laku laku. saya sdh 12 thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah..dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya Nur (karyawati iwamatex) org andir ciparay, tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn saya ditolak habis habisan.. saya sdh nyari yg lain tp sulit.

    BalasHapus